Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20-Kata-Kata Sabar dan Ikhlas Agar Hati Senantiasa Tenang



Di dunia ini, setiap orang tentu akan dihadapkan dengan suatu masalah yang datangnya silih berganti.
Tapi, tak semuanya bisa menghadapi cobaan itu dengan tenang dan sabar. Anda juga sedang merasa kesulitan untuk bersabar dalam menghadapi masalah? Lebih baik baca kata-kata sabar dan ikhlas di artikel ini dulu, yuk!
Ketika sedang dihadapkan dengan segudang masalah, hal apa yang sekiranya akan Anda lakukan untuk menenangkan hati? Jika kebingungan dan tak tahu mesti berbuat apa, Anda bisa membaca artikel tentang kumpulan kata-kata bijak tentang sabar dan ikhlas ini.

Apa pun permasalahan yang sedang Anda hadapi saat ini, mulai dari hal kecil hingga besar, janganlah berputus asa. Ingatlah bahwa Tuhan menguji umat-Nya melalui sebuah ujian yang akan memperkuat hati Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah bersikap tenang sembari mencari jalan keluar dari setiap permasalahan. Bersabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan memang tak mudah. Namun, semuanya pasti bisa Anda lalui asal ada niat yang kuat.

Jika Anda butuh asupan semangat untuk memperkuat hati di kala masalah datang, segeralah membaca kata-kata mutiara tentang kesabaran dan keikhlasan di bawah ini. Siapa tahu, hati dan pikiran Anda jadi jauh lebih tenang. Yuk, langsung disimak!

Kata-Kata Sabar dan Ikhlas Lucu

1. Ilmu Tingkat Tinggi
Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya dadakan.
Anonim

Anda tentu pernah mengenyam bangku sekolah atau kuliah, bukan? Di mana Anda mungkin harus belajar tiap hari Senin-Sabtu, bahkan berkewajiban mengerjakan tugas di luar jam sekolah. Belum lagi, kalau tiba-tiba dosen atau guru mengadakan ujian atau ulangan dadakan, tentu rasanya sangat memusingkan.

Apalagi, semakin tinggi tingkatan pendidikan yang ditempuh, maka makin sulit pula untuk memahaminya. Begitu juga sebuah kesabaran, semakin besar masalahnya makin sulit pula dilakukan. Jadi, Anda perlu berlatih setiap waktu, mulai dari bersabar dengan masalah-masalah kecil yang Anda hadapi.

2. Sebagian dari Iman
 Sabar itu sebagian dari iman. Ingat, cuma sebagian, ya! Sisanya bikin pusing.
Anonim

Dalam Islam, sabar merupakan sebagian dari iman. Untuk itu, barang siapa yang mampu bersabar dalam menghadapi masalah, maka pahala dan kebahagiaan adalah hadiahnya.

Namun, untuk bisa bersabar dalam menghadapi setiap cobaan itu tentunya tidak mudah. Oleh karena itu, kata-kata bijak tentang sabar dan ikhlas lucu ini hadir untuk menyemangati sekaligus menghibur hati Anda.

3. Semakin Cantik
Semakin sabar seseorang, maka ia akan makin cantik. Nggak percaya? Nih, aku buktinya.
Anonim

Orang-orang kerap berkata, “Orang sabar disayang Tuhan,” sebagai ungkapan semangat. Namun, mengatakan kalimat tersebut pada orang lain tampaknya sudah menjadi hal yang biasa.

Jika Anda membutuhkan kata-kata sabar dan ikhlas yang lebih unik dan lucu untuk menyemangati seseorang, maka kutipan di atas bisa dijadikan salah satu pilihan. Katakan pada rekan Anda yang sedang menghadapi masalah agar ia tetap bersabar. 

4. Sebuah Surga
Sabar itu memang berat karena hadiahnya surga. Coba kalau gampang, paling hadiahnya cuma payung.
Anonim

Banyak orang, mungkin termasuk Anda bertanya-tanya, kenapa bersikap tenang dalam menghadapi cobaan atau masalah sulit untuk dilakukan. Apalagi jika permasalahan yang dihadapi sangatlah besar, tentu bersabar bukanlah perkara mudah.

Pantas saja sulit, karena hadiah yang akan Tuhan berikan jika Anda bisa bersabar bisa jadi adalah sebuah kebahagiaan dan surga. Untuk mencapai sesuatu yang berharga memang sulit bukan? Coba kalau mudah, hadiahnya paling payung cantik.

5. Kaya Raya
Andai kesabaran itu dibayar, mungkin aku sudah jadi miliarder.
Anonim

Seberapa besar kesabaran Anda selama ini dalam menghadapi suatu masalah? Jika memang sudah sering bersabar, tetaplah pertahankan hal itu, supaya hati senantiasa merasa tenang.

Apabila ingin membuat caption lucu di media sosial Anda tentang kesabaran, kata-kata sabar dan ikhlas di atas bisa dijadikan pilihan. Katakan pada orang-orang, bahwa Anda selama ini sudah selalu bersabar. Jika bersabar bisa diibaratkan sebagai sebuah pekerjaan, Anda kini telah menjadi miliarder.

Kata-Kata Sabar dan Ikhlas Menyentuh Hati

1. Tanpa Berusaha
Terkadang orang-orang mengaku bersabar, padahal mereka sebenarnya menyerah pada suatu masalah tanpa berusaha untuk mencari jalan keluarnya.
Anonim

Definisi sabar menurut KBBI itu bermacam-macam, seperti tahan menghadapi cobaan, tidak lekas putus asa, tenang, dan tidak tergesa-gesa. Sayangnya, ada beberapa orang yang tenang dalam menghadapi masalah, tapi tidak berusaha untuk menyelesaikannya alias menyerah pada suatu keadaan.

Padahal bersabar dan menyerah adalah dua hal yang berbeda. Ingatlah selalu kata-kata bijak tentang sabar dan ikhlas di atas, bahwasanya jangan mengaku sabar padahal aslinya Anda mengalah pada keadaan. Tetaplah tenang sembari mencari jalan keluar dari permasalahan yang terjadi dalam hidup Anda.


2. Tidak Mudah Menyerah
Jika kita ‘tidak mudah menyerah’, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan: 1. orang yang sabar; 2. orang yang tidak mudah menyerah.
Tere Liye

Di dunia ini, siapa yang tak ingin diberi kemudahan dalam meraih kesuksesan? Pada kenyataannya, sukses itu tak mudah untuk diraih. Perlu kerja keras, kesabaran, dan kegigihan untuk bisa mendapatkannya.

Meskipun hingga saat ini Anda belum bisa meraihnya, tetaplah bersabar dan jangan menyerah. Jika dua hal itu saja sudah bisa dilakukan, maka Anda sudah dekat dengan kesuksesan.

3. Melepaskan Sesuatu
Pada akhirnya, hanya tiga hal yang berarti; seberapa banyak kau mencintai, seberapa lembut kau menjalani hidup, dan seberapa ikhlas kau melepaskan sesuatu yang tidak dimaksudkan untukmu.
Buddha

Anda mungkin pernah menginginkan sesuatu dan berusaha sangat keras untuk mendapatkannya. Hingga akhirnya, Anda berhasil mendapatkan dan berusaha untuk menjaganya agar tak pergi begitu saja.

Sayangnya, sebesar apa pun Anda mencintai hal itu, jika tak ditakdirkan untuk dimiliki, maka bisa jadi Anda akan kehilangannya di kemudian hari. Sehingga, Anda harus dengan besar hati dan ikhlas untuk melepaskannya.

4. Pasrah Akan Kehendak Tuhan
Hidup ini selamanya indah kalau kita pandai bersyukur. Kalau kita ikhlas menerima skenario Tuhan, apa pun bentuknya. Kan kadang yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Dia. Seberapa pun kita menginginkan sesuatu dan berusaha keras mendapatkannya, kalau kita mengingkari takdir, ya pasti luput.
Irene Dyah

Beberapa orang, termasuk Anda, mungkin pernah mengalami fase terburuk dalam hidup. Misalnya saja, Anda selalu diikuti perasaan sedih dan kecewa karena kurang puas atas nikmat yang telah Tuhan berikan. Anda selalu merasa bahwa apa yang orang lain punya lebih baik dari apa yang Anda miliki.

Padahal membanding-bandingkan apa yang Anda punya sekarang dengan kepunyaan orang lain itu termasuk hal yang bakal membuat Anda merasa tak bahagia. Percayalah dengan kutipan di atas, selama Anda bersyukur, ikhlas, dan percaya akan nikmat yang Tuhan berikan, maka kehidupan akan selalu terselimuti rasa bahagia.

5. Kesuksesan Terbaik
Semua keberhasilan terbaik Anda, datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar.
Mario Teguh

Kesuksesan itu bukanlah suatu hal yang bisa diraih dengan mudah. Perlu usaha, kerja keras, dan pengorbanan untuk bisa meraihnya. Tak hanya itu, Anda juga harus berani melawan cobaan dan masalah yang bisa datang kapan saja.

Jatuh tersungkur, kecewa, sakit hati, juga bisa saja Anda alami. Namun, ingatlah selalu kata bijak menghadapi masalah berat di atas. Bahwasanya, keberhasilan akan datang bila Anda senantiasa bersabar.

Kata-Kata Sabar dan Ikhlas Islami

1.Tak ada yang Lebih Baik
Dari begitu banyak sahabat, aku tak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar.
Umar bin Khattab

Menurut Anda, rezeki itu berupa apa saja? Mungkin, Anda akan menjawab rezeki itu berupa uang, kesehatan, kesuksesan, kebahagiaan, dan lain-lain. Rezeki memang sebuah berkah yang Anda dapatkan untuk memperlancar kelangsungan hidup.

Namun, tahukah Anda apa itu rezeki terbaik yang Tuhan berikan? Mungkin, beberapa orang belum sadar bahwa sabar adalah salah satu berkah terbaik yang Tuhan berikan kepada manusia.

2. Percaya Pada Takdir Allah
Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan.
Abdullah Gymnastiar

Ketika Anda sedang dihadapkan dengan suatu masalah dan tidak tahu harus berbuat apa, tetaplah tenang. Seberat dan sebesar apa pun masalah, Tuhan pasti telah menciptakan cobaan sepaket dengan jalan keluarnya.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah bersabar dan tetap berusaha mencari jalan keluar yang telah Tuhan ciptakan. Percayalah dengan kata-kata sabar dan ikhlas yang diungkapkan pendakwah asal Bandung ini. Bahwasanya sabar akan terasa lebih nikmat jika Anda percaya akan takdir Tuhan.

3. Sabar dan Bersyukur
Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah.
Ibnu Mas’ud

Siapa yang tak ingin mendapat kesuksesan? Setiap orang tentunya ingin sukses dalam kehidupannya, termasuk Anda, bukan? Lantas, usaha dan langkah seperti apa yang saat ini sedang Anda tempuh dalam meraih kesuksesan?

Perjalanan menuju sukses tentu tak mudah, perlu adanya rencana dan target dalam meraihnya. Terkadang, rencana yang telah Anda atur sedemikian rupa bisa saja gagal. Namun, tetaplah bersabar dan jangan pernah berhenti untuk meraihnya. Jangan lupa juga untuk bersyukur atas apa pun pencapaian yang telah Anda raih saat ini.

4. Ikhlas dalam Setiap Amalan
Hati dikatakan baik bila telah diisi dengan takwa, tawakal, tauhid, dan ikhlas dalam semua amalan.
Jefri Al Buchor 

Anda mungkin sudah sering mendengar kutipan dari Jefri Al Buchori ini, bukan? Sejatinya, alangkah lebih baik jika kita selalu mengisi hati dengan hal-hal yang baik dan positif.

Seperti selalu bertakwa alias melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangannya. Tak hanya itu, kita juga perlu berserah diri dan percaya atas kebesaran Tuhan. Yang tak kalah penting, kita harus ikhlas dalam setiap amalan.

5. Pejuang Allah
Siapa yang menuntut ilmu dengan niat yang ikhlas, dia akan mendapat kehormatan sebagai mujahid.
Ahmad Fuadi

Anda masih asing dengan istilah mujahid? Dalam KBBI, mujahid berarti orang yang berjuang demi membela agama Islam. Memperjuangkan agama tentu bisa dengan berbagai cara.

Salah satu cara berjuang untuk agama Islam adalah seperti yang diungkapkan Ahmad Fuadi dalam kata-kata sabar dan ikhlas di atas. Belalah agama Anda dengan cara yang positif, agar hati juga senantiasa tenang.

Post a Comment for "20-Kata-Kata Sabar dan Ikhlas Agar Hati Senantiasa Tenang"